LAPORAN
RENCANA KEGIATAN(LRK)
KULIAH
KERJA NYATA (KKN) TEMATIK UNIVERSITAS LAMPUNG
1.
Harmonisasi
Sosial
DESA
REJOMULYO KECAMATAN ABUNG TIMUR
KABUPATEN
LAMPUNG UTARA
Di
Susun Oleh:
1. Anwar Solihin 1015031007 Teknik/Elektro
2. Mairinda Noviartha 0916031128 FISIP/Ilmu Komunikasi
3. Chintia Yolanda 1017011005 MIPA/Kimia
4. Suryadi 1017031042 MIPA/Matematika
5. Sidiq Teja Purna 1011031078 Ekonomi dan Bisnis/Akutansi
6. Billi Andreas 1017021026 MIPA/Biologi
7. Rido Thamrin Purba 0812011269 Hukum/Hukum Pidana
8. Beriyan Adeam 1015041052 Teknik/Geofisika
9. Rudi Hari Perdana 1015011082 Teknik/Sipil
UNIVERSITAS
LAMPUNG
2013
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK
INDONESIA UNIVERSITAS LAMPUNG
LEMBAGA
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Jalan
Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Telepon
(0721) 782211, 701609 Ext. 111, 139, 140 Fax (0721) 782211
LEMBAR
PENGESAHAN LAPORAN RENCANA KEGIATAN
KKN
TEMATIK UNILA
Tema KKN Tematik Unila :
1.
Harmonisasi Sosial
Lokasi KKN Tematik Unila : Desa Rejomulyo Kecamatan
Abung Timur
Kabupaten
Lampung Timur
Nama Tim Mahasiswa KKN Tematik Unila:
1. Anwar Solihin 1015031007 Teknik/Elektro
2.
Mairinda Noviartha 0916031128 FISIP/Ilmu Komunikasi
3.
Chintia Yolanda 1017011005 MIPA/Kimia
4.
Suryadi 1017031042 MIPA/Matematika
5.
Sidiq Teja Purna 1011031078 Ekonomi dan
Bisnis/Akutansi
6.
Billi Andreas 1017021026 MIPA/Biologi
7.
Rido Thamrin Purba 0812011269 Hukum/Hukum Pidana
8.
Beriyan Adeam 1015041052 Teknik/Geofisika
9.
Rudi Hari Perdana 1015011082 Teknik/Sipil
Tanggal Persetujuan:
Menyetujui,
Tim Pengelola KKN Tematik Dosen Pembimbing
Lapangan
Dr. Hi. Suwondo, M.A. Ahmad
Faisol
NIP. 195909031985031002 NIP.
DAFTAR
ISI
Halaman
Halaman
Judul i
Lembar
Pengesahan ii
Daftar
Isi iii
I.
Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang..................................................................................................... 1
1.2 Tujuan
KKN Tematik Unila................................................................................. 2
1.3 Waktu
dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan KKN tematik...................................... 3
1.4 Sasaran................................................................................................................ 3
1.5 Kondisi
dan Gambaran Umum Lokasi KKN Tematik.......................................... 3
II.
Laporan
Rencana Kerja (LRK)
2.1 Laporan
Rencana Kerja...................................................................................... 6
2.2 Program
Pokok................................................................................................... 6
2.3 Program
Tambahan............................................................................................. 11
I.
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pendidikan pada dasarnya adalah suatu
proses pendewasaan dan pemandirian manusia secara sistematis, agar nantinya
siap menjalani kehidupan secara bertanggung jawab. Bertanggung jawab artinya
berani mengambil suatu keputusan yang bijaksana dan siap menanggung segala
konsekuensi yang ditimbulkan.
Perkuliahan
merupakan jejang pendidikan tertinggi yang akan dilakukan oleh setiap insan
yang memiliki hasrat terhadap pengetahuan. Pada jenjang ini setiap peserta
didiknya diwajibkan harus mampu berilmu pengetahuan, memadai dalam bidang
masing-masing, mampu melakukan penelitian, dan bersedia mengabdikan diri demi
kemaslahatan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.
Hal itu sesuai dengan aspek yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi
yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional pada pasal 20 ayat 2.
Untuk
mempraktekkan ilmu dan menerapkan hasil penelitian yang dilakukan oeh civitas
akademika, maka diperlukannya suatu media yang mendukung. Kuliah Kerja Nyata
(KKN) merupakan suatu kegiatan intrakurikuler yang dirancang oleh pihak
universitas sebagai media yang memadukan
pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman
belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.KKN
diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia
empirik-praktis.
Kegiatan
KKN diharapkan dapat mengembangkan kepekaan rasa dan kognisi sosial mahasiswa.
Bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat, kegiatan KKN dapat membantu
percepatan proses pembangunan serta membentuk kader penerus kegiatan
pembangunan.
KKN
Tematik merupakan proses pembelajaran bagi mahasiwa sekaligus wahana
pemberdayaan masyarakat. Pola ini direncanakan dan dilaksankan secara
sistematis berdasakan tema yang digali dari potensi masyarakat, dirumuskan dan
dilaksanakan bersama masyarakat.Hal ini diharapkan dapat memacu kemampuan
masyarakat dalam pengembangan diri dan wilayah, sehingga kesejahteraannya meningkat.
Kegiatan
KKN Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa disetiap lokasi, dapat bersifat:
rintisan, pelengkap, penunjang maupun kelanjutan program. Dalam pelaksanaan
program kegiatan KKN Tematik tersebut, mahasiwa berperan sebagai: Motivator dan
Problem Solver. Pelaku utamanya dalam kegiatan tersebut adalah masyarakat
sebagai subjek dan objek pembangunan masyarakat.
Pelaksanaan
kegiatan KKN Tematik dilakukan oleh satu kelompok pelaksana dengan satu tema
bidang program kegiatan yang telah ditentukan oleh tim pengelolala KKN Tematik.
Kelompok pelaksana program KKN Tematik dibentuk dari beberapa mahasiswa yang
memiliki displin ilmu yang berbeda.
Kelompok
kami terdiri dari 9 mahasiswa, yang masing-masing memiliki displin ilmu yang
berbeda. Pada kesempatan ini, kelompok kami dipercayakan melaksanakan kegiatan
dengan tema yang telah ditentukan.
1.2
Tujuan
KKN Tematik Unila
Tujuan dari
pelaksanaan KKN Tematik Unila adalah:
a. Meningkatkan
empati dan kepedulian mahasiswa
b. Melaksanakan
terapan IPTEK secara Teamwork dan interdispliner.
c. Menanamkan
nilai kepribadian:
·
Nasionalisme dan jiwa
pancasila
·
Keuletan, etos kerja
dan tanggung jawab
·
Kemandirian,
kepemimpinan dan kewirausahaan
d. Meningkatkan
daya saing nasional
e. Menanamkan
jiwa peneliti
·
Eksploratif dan
analisis
·
Mendorong learning
community dan learning society
1.3
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan KKN Tematik
Waktu dan tempat
pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan kurikulum pendidikan KKN Tematik
Universitas Lampung Tahun 2013 yaitu selama 31 hari
mulai tanggal 1 Juli 2013 sampai dengan 1 Agustus 2013. Mengambil tempat
pelaksanaan di Desa Rejomulyo, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara,
Provinsi Lampung.
1.4
Sasaran
Pada dasarnya kegiatan KKN Tematik
Universitas Lampung akan diarahkan kepada 4 sasaran utama yaitu :
1. Mahasiswa
2. Masyarakat
3. Pemerintah Daerah
4. Perguruan Tinggi
1.5
Kondisi
dan Gambaran Umum Lokasi KKN Tematik
Desa
Rejomulyo berada di Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara Provinsi
Lampung. Pada saat ini jumlah penduduknya 2.287 jiwa dengan total 495 kepala keluarga serta luas desa 1.386 Ha. Adapun batas – batas desanya
adalah sebagai berikut :
1.
Utara
a. Desa Bumi Raharja Kecamatan
Abung Surakarta Kabupaten Lampung Utara.
b. Desa
Gunung Menanti Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat
2.
Selatan
a. Desa Papan Asri Kecamatan
Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara.
b. Desa Buring Kencana Kecamatan Belambangan Kabupaten Lampung Utara.
3.
Timur
a. Desa Gunung Keramat
Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara.
b. Desa Gunung Sari Kecamatan Abung
Semuli Kabupaten Lampung Utara.
4.
Barat
a. Desa Bumi Jaya Kecamatan Abung Semuli Kabupaten
Lampung Utara.
b. Desa
Bumi Restu Kecamatan Abung Surakarta Kabupaten Lampung Utara.
Data jumlah penduduk menurut jenis
kelamin dan agama desa Rejomulyo.
No
|
Dusun
|
Jml.
KK
|
Jumlah
Penduduk
|
Jumlah
Penduduk Menurut Agama
|
||||||
L
|
P
|
Jml.
|
Islam
|
Kristen
|
Katolik
|
Hindu
|
Budha
|
|||
1.
|
Dusun
I
|
|
153
|
125
|
278
|
77
|
-
|
1
|
-
|
-
|
2.
|
Dusun
II
|
205
|
368
|
384
|
752
|
197
|
3
|
5
|
6
|
-
|
3.
|
Dusun
III
|
90
|
204
|
159
|
363
|
89
|
-
|
1
|
-
|
-
|
4.
|
Dusun
IV
|
76
|
126
|
123
|
249
|
75
|
1
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Dusun V
|
115
|
210
|
197
|
407
|
105
|
5
|
5
|
-
|
-
|
6
|
Dusun VI
|
81
|
172
|
166
|
238
|
81
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
|
1.233
|
1.154
|
2.287
|
|
|
|
|
-
|
Masyarakat desa Rejomulyo
berprofesi sebagai mayoritas bekerja sebagai
petani dan buruh PT
HUMAS JAYA (GGP), namun sebagian sebagai peternak, pedagang, wiraswasta atau pengusaha, pegawai
negeri sipil, penjahit, tukang kayu dan buruh swasta.
Jika melihat dari jumlah pendapatan masyarakat Rejomulyo masyarakat di desa ini
belum dikategorikan cukup mapan.
Identifikasi masalah berdasarkan
bidang/sektor adalah :
·
Bidang Perekonomian
1. Masih
banyak masyarakat yang kurang mampu
2. Kurangnya
pendidikan dan pengetahuan mengenai pengelolahan sumber daya yang mereka
miliki.
3. Kurangnya
sifat mandiri
·
Bidang Pemerintahan
1. Tidak
adanya balai desa sebagai sarana berkumpul masyarakat
2. Sistem
administrasi di desa yang kurang baik
·
Bidang Pertanian,
Peternakan dan Perikanan
1. Kurang
adanya pemanfaatan limbah hewan ternak
2. Kurangnya
perawatan terhadap sektor pertanian
3. Pemasaran
hasil pertanian yang kurang maksimal
·
Bidang Hukum
1. Rawannya
desa dari pembegalan dan pencurian
·
Bidang Sosial
1. Kurangnya
keharmonisan antar dusun
2. Jarak antar
dusun yang jauh dan terpencil
3. Komunikasi yang
masih renggang
4. Pembangunan yang
tidak merata
f. Bidang
Pendidikan
1. Belum
adanya struktur organisasi di SMP dan
SMK Muhammadiyah
2. Kurangnya
tenaga pengajar di SD, SMP, maupun SMK Muhammadiyah
3. Motivasi dan kesadaran akan pentingnya pendidikan di masyarakat
yang masih rendah
Dengan kondisi dan keadaan desa
tersebut, maka kami menyusun beberapa rencana kerja yang harapannya dapat
membantu masyarakat Desa Rejomulyo agar terjadi peningkatan yang sesuai dengan
apa yang diharapkan. Penjabaran program kegiatan dapat di lihat pada bab
berikutnya.
II.
LAPORAN
RENCANA KERJA
1.1
Laporan
Rencana Kerja (LRK)
Laporan
rencana kerja adalah rencana kegiatan Tim KKN Tematik untuk program pokok dan
program tambahan selama pelaksanaan program KKN Tematik berlangsung (30
hari).Laporan rencana kerja dibuat berdasarkan kajian displin ilmu yang dipelajari
oleh mahasiswa disesuaikan tema yang diberikan Tim Pengelola KKN Tematik
terhadap Tim KKN Tematik.
1.2
Program
Pokok
Tabel1. Identifikasi Permasalahan,
Rencana Kegiatan, Lokasi dan Narasumber
No
|
Permasalahan
|
Kegiatan
|
Lokasi
|
Narasumber
|
1
|
Minimnya konsolidasi dan kordinasi aparatur desa dalam mendata
peserta program bantuan langsung
sementara masyarakat desa (BLSM)
|
Pendampingan
|
Kediaman bapak Kepala desa Rejomulyo
|
Mahasiswa
|
2
|
Minimnya kesadaran masyarakat untuk bekerja membangun desa secara
terstruktur dan terorganisir.
|
Pelaksanaan
Gotong Royong
|
Desa Rejomulyo
|
Mahasiswa
|
3
|
Kurangnya peran kelompok pemuda Karang Taruna yang ada di desa
|
Sosialisasi,
pembentukan, dan Pelantikan Pengurus
Karang Taruna
|
Kediaman
Bapak Samad dan Bapak Harianto
|
Mahasiswa
|
4
|
Kurangnya pengetahuan Tentang Pertanian, Peternakan dan Perikanan dalam pengelolaan dan
pengoptimalisasi produk.
|
Penyuluhan tentang Pengoptimalan hasil bumi desa
Rejomulyo
|
Balai Desa
|
Mahasiswa
Dengan dinas terkait
|
5
|
Masih rawannya desa dengan pembegalan dan pencurian
|
Pembuatan POS PAM SWAKARSA
|
Pintu masuk desa rejomulyo dan diperbatasan antara dusun 1 dengan dusun 2
|
Mahasiswa
dan Masyarakat
|
6
|
Minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya
pendidikan
Belum terbentuknya strukturnya organisasi
intrasekolah
|
Menjadi tenaga pengajar di sekolah yang ada di Desa Rejomulyo.
Membentuk organisasi intrasekolah, menjadi panitia pelaksana MOS dan
memberikan pelatihan kepemimpinan
|
|
|
7
|
Data desa yang tidak lengkap dan belum diperbarui
|
Pelengkapan
dan memperbaharui data desa
|
|
Mahasiswa dan Aparatur Desa
|
8
|
Minimnya pengetahuan masyarakat tentang cara penggunaan listrik dan
perhitungan biaya penggunaan listrik
|
Penyuluhan PLN
|
|
|
9
|
|
|
|
|
Tabel2. Rencana Kegiatan,
Waktu, Peserta dan Mahasiswa yang Terlibat.
No
|
Kegiatan
|
Waktu(jam)
|
Peserta
|
Mahasiswa yang Terlibat
|
||
1
|
Pendampingan
pendataan masyarakat yang berhak menerima bantuan bedah desa dan tanam pohon
akasia
|
4 Juli 2013
|
Aparatur
Desa Sukorahayu
|
Sigit
Pamungkas
(Kord),
Ade
Setiawan, Agustia Indriani,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
Hartanto
Tantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah,
|
||
2
|
Pembuatan
Pos Daya
|
8 Juli 2013
|
Masyarakat
desa Sukorahayu
|
Mita
Rusmiati (Kord),
Ade
Setiawan, Agustia Indriani,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
Hartanto Tantriawan,
Ismalia Husna,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah, Sigit Pamungkas
|
||
3
|
Penyuluhan
koperasi
|
10 Juli
2013
|
Masyarakat
Desa Sukorahayu
|
Desi Aryani
(Kord),
Ade
Setiawan, Agustia Indriani,
Ari Wibowo,
Hartanto
Tantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
||
4
|
Penyuluhan
Wirausaha dalam bidang Marketing
|
11 Juli
2013
|
Pengusaha
Kecil Menengah
|
Rizky
Yuliansyah (Kord),
Ade
Setiawan, Agustia Indriani,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
Hartanto
Tantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Sigit
Pamungkas.
|
||
5
|
Pembuatan
rambu-rambu jalan
|
14 Juli
2013
|
Masyarakat
|
Ade
Setiawan (Kord), Agustia Indriani,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
Hartanto
Tantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
||
6
|
Penyuluhan
Kesehatan Bayi dan ibu Hamil
|
|
Ibu Hamil
dan Balita
|
Ismalia
Husna (Kord),
Ade
Setiawan,
Agustia
Indriani,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
HartantoTantriawan,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
||
7
|
Pelatihan
Administrasi (Mengetik)
|
16 Juli
2013
|
Aparatur
Desa dan Guru SD Negeri Sukorahayu
|
Hartanto
Tantriawan (Kord),
Ade
Setiawan, Agustia Indriani,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah, Sigit Pamungkas
|
||
8
|
Perlengkapan
dan memperbaharui data desa
|
21 Juli
2013
|
Aparatur
Desa
|
Agustia
Indriani (Kord),
Ade
Setiawan,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
Hartanto
Tantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
||
9
|
Pemberian
materi administrasi dan kesekretariatan desa untuk warga
|
|
Aparatur
Desa Sukorahayu
|
Rizky
Yuliansyah (Kord),
Ade
Setiawan, Agustia Indriani,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
Hartanto
Tantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Sigit
Pamungkas.
|
1.3 Program
Tambahan
Tabel3. Identifikasi
Permasalahan, Rencana Kegiatan, Lokasi dan Narasumber
No
|
Permasalahan
|
Kegiatan
|
Lokasi
|
Narasumber
|
||
1
|
Kurangnya
kesadaran masyarakat untuk bergotong-royong membersihkan masjid
|
Bersih-bersih Masjid menyambut Ramadhan
|
Masyarakat
Desa Sukorahayu
|
Mahasiwa
|
||
2
|
Kurangnya aktifitas warga (usia sekolah) dalam
mengisi bulan Ramadan.
|
TPA dan
Pesantren kilat di bulan Ramadhan
|
Masjid-masjid
di desa Sukorahayu
|
Mahasiswa
dan Ustad Suhartono
|
||
3
|
Belum
adanya pendidikan non-formal di luar sekolah
|
Bimbingan
belajar untuk pelajaran yang diminati anak-anak
|
Pos KKN
|
Mahasiswa
|
||
4
|
Kurangnya
kesadaran siswa tentang pentingnya cuci tangan sebelum makan
|
Penyuluhan
pentingnya cuci tangan sebelum makan
|
SD Negeri
Sukorahayu
|
Mahasiswa
|
||
5
|
Kurangnya
antusias warga untuk datang ke masjid di bulan Ramadhan
|
|
Masyarakat
Desa Sukorahayu
|
Mahasiswa
dan Masyarakat
|
||
6
|
Kurangnya
antusias ibu-ibu dalam mengisi
kegiatan di bulan Ramadhan
|
Pengajian
Mingguan ibu-ibu di bulan Ramadhan
|
Ibu-ibu
desa Sukorahayu
|
Mahasiswa
dan Ustad Suhartono
|
Tabel4. Rencana Kegiatan,
Waktu, Peserta dan Mahasiswa yang Terlibat
No
|
Kegiatan
|
Waktu (jam)
|
Peserta
|
Mahasiswa
yang Terlibat
|
||
1
|
Bersih-bersih Masjid menyambut Ramadhan
|
8 Juli 2013
|
Masyarakat
Desa Sukorahayu
|
Ade
Setiawan (Kord),
Agustia
Indriani,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
HartantoTantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
||
2
|
TPA dan
Pesantren kilat di bulan Ramadhan
|
9 Juli 2013
– 29 Juli 2013 (15.00-17.30)
|
Siswa SD
Negeri Sukorahayu serta anak-anak usia sekolah
|
Ari Wibowo
(Kord),
Ade
Setiawan,
Agustia
Indriani,
Desi
Aryani,
HartantoTantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
||
3
|
Bimbingan
belajar untuk pelajaran yang diminati anak-anak
|
|
Siswa SD
Negeri Sukorahayu
|
Putri Sari
Dewi (Kord),
Ade
Setiawan,
Agustia
Indriani, Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
HartantoTantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Rizky
Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
||
4
|
Penyuluhan
pentingnya cuci tangan sebelum makan
|
18 Juli
2013 (08.00 - 10.00 WIB)
|
Siswa SD
Negeri Sukorahayu
|
Ismalia
Husna (Kord),
Ade
Setiawan,
Agustia
Indriani,
Ari Wibowo,
Desi
Aryani,
HartantoTantriawan,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
||
5
|
Safari
Ramadhan
|
Tentatif
|
Masyarakat
Desa Sukorahayu
|
Ari Wibowo
(Kord),
Ade
Setiawan,
Agustia
Indriani,
Desi
Aryani,
HartantoTantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
||
6
|
Pengajian
Mingguan ibu-ibu di bulan Ramadhan
|
|
Ibu-ibu
Desa Sukorahayu
|
Desi Aryani
(Kord),
Ade
Setiawan, Agustia Indriani,
Ari Wibowo,
Hartanto
Tantriawan,
Ismalia
Husna,
Mita
Rusmiati,
Putri Sari
Dewi,
Rizky
Yuliansyah,
Sigit
Pamungkas.
|
|
III.
PENUTUP
Kuliah Kerja Nyata(KKN) tematik tahun 2013 ini diharapkan
dapat berjalan dengan baik. Peran serta masyarakat desa demi terjalinnya
hubungan yang baik antara masyarakat desa Rejomulyo
dengan mahasiswa serta dukungan penuh Universitas Lampung sebagai lembaga
penyelenggara kegiatan ini sangatlah kami butuhkan demi terlaksanya program
kerja yang telah di susun. Setelah
program kerja ini terlaksana, di harapkan bahwa masyarakat akan banyak mendapat
pengalaman-pengalaman baru yang dapat digunakan untuk meningkatkan taraf hidup
masyarakat desa sukorahayu.
Demikianlah Laporan Rencana Kegiatan KKN tematik Universitas
Lampung tahun 2013 ini di susun, mudah-mudahan dapat terealisasi dan bermanfaat
bagi mahasiswa pribadi dan masyarakat desa Sukorahayu pada umumnya.
0 komentar:
Posting Komentar